Selasa, 08 Maret 2016

Tahun 2023 Gerhana Matahari Total Melewati PAPUA ,



(9/3), peristiwa alam yang ditunggu-tunggu yakni gerhana matahari total akan bisa disaksikan di beberapa wilayah di Indonesia. Sudah lama sekali, gerhana matahari total tak mengunjungi negeri ini. Fenomena tersebut pernah terjadi saat tahun 1983, 1988, dan 1995. Kali ini, fenomena tersebut akan hadir hari ini.

Oleh sebab itu, banyak di antaranya orang berbondong-bondong untuk melihat fenomena alam itu di beberapa wilayah seperti di Bengkulu, Sumatera Selatan, Jambi, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Papua.

Namun, bagaimana jika tak sempat menyaksikan gerhana matahari total secara langsung? Tentu saja, akan lama sekali jika Anda ingin menyaksikan lagi secara langsung. Gerhana matahari total melewati Indonesia, terjadi lagi pada tahun 2023 bulan April. Namun, tidak seperti di daerah-daerah saat ini.

"Iya, tetapi hanya daerah sebagian Papua. Itupun hanya sedikit. Di bagian leher kepala burung, dan di laut di selatan pulau Timor," ujar Kepala Pusat Sains Antariksa, LAPAN, Clara Yono Yatini, kepada Kompas.com, Selasa (8/3).

Gerhana matahari total kali ini memang spesial. Sebab, di wilayah daratan yang dilewati oleh gerhana matahari total hanya Indonesia saja, selebihnya lautan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar